Rabu, 14 Maret 2012

Aurora si cantik dari Kutub Utara


Aurora adalah fenomena alam yang hanya muncul di langit belahan bumi utara. Saking uniknya, aurora yang indah sering disebut-sebut mulai dari mitologi Yunani sampai dongeng Indian. Di dunia ini, ada 5 tempat terbaik untuk melihat Aurora.
Cahaya utara ini juga dikenal sebagai “Aurora Borealis” atau fajar utara (Dawn of the North). Secara ilmiah, aurora terjadi saat medan magnet bumi bertabrakan dengan udara yang mengalir dari matahari. Gesekan itu menyebabkan perpindahan energi yang menghasilkan belahan bumi utara bersinar, tepatnya di sekitar kutub. Aurora memiliki kombinasi warna kuning, pink, merah, biru, ungu, hijau.
Nama aurora borealis diambil dari nama Dewi Fajar Romawi, Aurora, dan nama Yunani untuk angin Utara, Boreas. Dinamai seperti itu karena di Eropa aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk Utara seakan-akan matahari akan terbit dari ufuk Utara. Aurora borealis selalu terjadi di antara bulan September dan Oktober serta Maret dan April
Di bumi, aurora terjadi di daerah di sekitar kutub Utara dan kutub Selatan magnetiknya. Aurora yang terjadi di daerah sebelah Utara dikenal dengan nama Aurora Borealis yang dinamai bersempena Dewi Fajar Rom, Aurora, dan nama Yunani untuk angin utara, Boreas. Ini karena di Eropa, aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara seolah-olah matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah Selatan yang dikenal dengan Aurora Australis mempunyai sifat-sifat yang serupa.Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.

2 komentar:

  1. MBA SAYA BACA PORTINGAN NYA TERNYATA SAYA TERTARIK BUAT POSTING JUGA DAN SAYA INGIN TAU TENTANG AURORA
    BOLEKAH SAYA COPPY PASTE POSTINGAN INI?

    NI BLOG MILIK SAYA
    htto://tomra.blogspot.com

    BalasHapus