Senin, 26 Desember 2011

Tips Atasi Kendala Bahasa Dalam Berlibur

Berlibur ke tempat-tempat wisata mancanegara memang menyenangkan. Namun, kadang bahasa menjadi kendala saat berwisata, terutama apabila negara tersebut masyarakatnya tidak dapat berbahasa internasional atau bahasa Inggris.

Namun jangan khawatir, berikut beberapa cara mengatasi kendala bahasa saat berlibur:

Kuasai beberapa kata-kata lokal

Anda tidak mungkin belajar bahasa China secara lancar untuk berlibur ke China bukan?

Namun, setidaknnya untuk memudahkan, pelajarilah beberapa kata penting dalam bahasa tersebut, misalnya "Di mana?" "Bagaimana cara ke sana?" dan juga jangan lupakan untuk mengingat kata-kata seperti "halo" "maaf" dan "terima kasih" dalam bahasa lokal.

Pergunakan teknologi sebaik-baiknya

Saat ini, sudah banyak ponsel atau smartphone yang menyediakan aplikasi penerjemah bahasa. Pergunakan aplikasi semacam ini semaksimal mungkin sehingga dapat memudahkan Anda ketika berlibur.

Lakukan riset kecil

Lakukan riset kecil mengenai tempat yang akan Anda kunjungi. Tidak hanya tempat wisatanya, namun juga budaya dan keseharian penduduk lokal. Hal ini akan memudahkan untuk berbaur dengan penduduk lokal dan meminimalisir kendala bahasa dalam berkomunikasi.

Gunakan bahasa tubuh

Apabila kendala bahasa masih menghalangi, menggunakan bahasa tubuh dapat menjadi salah satu solusi. Lakukan dengan jelas, namun tetap sopan agar dapat mudah dimengerti oleh penduduk lokal.

Senyum!

Ketika berusaha berbicara bahasa asing, atau berbahasa tubuh namun juga belum berhasil, coba saja tersenyum. Orang yang menjadi lawan bicara Anda akan paham secara perlahan dan menghargai usaha Anda.
(http://travel.okezone.com/read/2011/12/02/407/537124/tips-atasi-kendala-bahasa-dalam-berlibur)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar